Jumat, 29 Agustus 2008

Merancang kegiatan dinamika kelompok untuk anak-anak Puri


Bapak sedang menggodok ide tentang sebuah kegiatan permainan untuk kalian dan temen-temen PPR, Ras-Gas! Semula bapak berpikir, kalian suka sekali bermain di sepanjang jalan kompleks Puri, dan tentu saja banyak waktu yang kalian habiskan dengan berlari-lari, guyonan, teriak-teriakan, dan apa pun! Boleh, itu boleh kalian lakukan.


Tentu akan semakin baik jika acara main itu dipoles menjadi macam-macam permainan yang menuntut kalian bisa lebih baik dalam kerja sama, ketelatenan, kecepatan, tanggung jawab, berinisiatif, dll. Nah, dalam kerangka itulah bapak mau bikin proyek untuk kalian OUTBOND di kompleks Puri Permata Regency. Bisa dilakukan tiap sabtu sore dan minggu sore. Atau pas hari libur - tentu saja jika bapak juga libur -.


Paling tidak ada beberapa tujuan yang bisa kalian capai seusai kegiatan, yakni: meningkatkan rasa percaya diri, membuka wawasan baru dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial, dan bekerja sama dengan orang lain, memberikan pengalaman untuk mandiri, dan menyelesaikan masalah, meningkatkan kemampuan kreatif dalam memecahkan masalah dan pengambilan keputusan, belajar untuk berkomunikasi secara efektif, dengan kemampuan yang sudah ada saat ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan dan menggali potensi diri yang belum disadari, keterbukaan sikap, memberi dan menerima umpan-balik, serta komitmen terhadap tujuan dengan antusias, saling memberi informasi dan berbagi pengalaman. Dan ini bisa untuk anak kelas 1 SD hingga kelas 6 SD.


Tunggu ya..... bapak masih merancang untuk kalian!

Belajar Setiap Waktu, Anakku!



Amsal 1: 7-9 Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan. Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu, sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu.


Raras dan Gagas, anak-anakku. Ada waktu untuk bersenang-senang, dan ada waktu untuk belajar dan bekerja keras. Agar engkau bisa menikmati keberhasilan dan tidak menjemput kegagalan, anggaplah waktumu itu sangat pendek, lalu gunakanlah dengan banyak belajar. Belajar pelajaran-pelajaran bible ada yang terutama, kemudian belajarlah materi pelajaran di sekolah, lalu pelajari pengetahuan umum yang terjadi sehari-hari, dan belajarlah berkomunikasi dengan baik kepada setiap orang, anakku. Jika kamu sudah lakukan itu, imbangi dengan bersantai dan bermain. Kurangi nonton teve ya! Hampir keseluruhan acara teve tidak lagi bisa diharapkan memberi pengetahuan yang baik. Hindari sebisa kalian menghindari!


Ayo baca lagi! baca lagi! cari tahu lagi! cari tahu lagi!! jangan putus asa! TIADA HARI TANPA BELAJAR, Anakku!

Rabu, 27 Agustus 2008

Teater Imaji GKI Jemursari







Hampir satu setengah tahun bapak melayani di GKI Jemursari, melatih teater Imaji. Bapak selalu mencatat progres kualitas mereka dalam seni peran. Sebenarnya tidak hanya seni peran yang bapak ajarkan kepada mereka, Ras-Gas! Bapak juga sering menanamkan prinsip kerendahan hati dalam setiap pelayanan. Dan mereka bertumbuh secara luar biasa. Pada awal tahun belum tampak 'kegilaan' dalam proses akting, sekarang ini mereka bahkan telah berani memperbanyak frekuensi pentas, bahkan monoplay! Kemajuan yang terdeteksi atas kecakapan mereka!


Kalian ingat, suatu saat ada waktunya tersendiri untuk kalian terjun dalam sebuah lembaga pelayanan bagi kemuliaan Tuhan. Yang penting anak-anakku, kalian terlibat bukan untuk cari nama, cari sukses, cari kesenangan, apalagi cari keuntungan untuk diri sendiri. Apabila kalian terlibat, maka satu-satunya alasan yang tepat, seperti yang sering bapak bicarakan dalam latihan teater bersama teman-teman Imaji, adalah terlibat karena, oleh, dan untuk Tuhan Yesus Kristus.


Lakukanlah setiap upaya berlatih, sebagaimana engkau meminta Tuhan memperlengkapimu dengan ilmu dan kompetensi yang kamu butuhkan. Jika kalian tidak bekerja dan atau berlatih keras, tentu saja, tidak seketikan dan sekonyong-konyong keterampilan itu kalian kuasai.


Raras-Gagas, kenalilah talentamu dengan melibatkan diri dalam kelompok-kelompok pengembangan bakat, maka kalian akan mengerti seberapa banyak kalian menerima talenta untuk kemudian harus kalian kembangkan.


Seperti kakak-kakakmu di teater IMAJI yang setia berlatih meski tidak sedang mempersiapkan sebuah pementasan sekali pun, berlatihlah mengasah bakatmu dan gandakan talentamu untuk DIA, Sang Raja Alam Semesta, Sumber berkat dan pertolongan!


Selamat belajar, anak-anakku!

Selasa, 26 Agustus 2008

Gagas Suka Maen Scrabble


Hampir 3 bulan ini Gagas seneng banget maen scrabble di komputer. Kalo udah di depan komputer..., wah...sulit berpindah tempat lagi deh. Gagas tampak asyik mengotak-atik huruf, ngepaskan huruf mana yang cocok untuk dibangun menjadi satu kata yang bernilai tinggi. Kata dalam bahasa inggris yang tidak diketahui, dikenal, atau didengar sekalipun, ditulis aja olehnya. Dengan selalu berharap susunan yang dibangunnya itu dapat memberikan skor atau nilai tinggi.

Semula ia hanya mengotak-atik... hingga kalo mentok, pasti deh teriak panggil bapak atau ibu, bahkan embahnya, tanya apa kata ini...kata itu... ada dalam bahasa inggris. Hehehe.... semua jadi bingung mencarikan ada enggak ya kata yang tampak asing itu.

Nah, mbelingnya mulai nampak tatkala sang bapak mengajari,"Le..., kalo kamu gak ngerti kata itu ada apa enggak, lihat aja dalam kamus. Kalo masih bingung, ya udah klik aja HINT!". Wah, dasar Gagas...... belum dicari kata itu ada apa tidak dalam kamus, sudah keklik HINT duluan..... Ketika ditegur,"Gas, ya jangan pakai HINT terus, kamu harus coba sendiri dulu, biar nanti kamu merasakan manfaatnya, belajar menambah kosa kata dalam bahasa inggris berdasarkan pencarian sendiri". Eh, Gagas malah menjawab,"Lho...aku ini belajar melawan komputer. Komputer kan juga udah ngerti duluan, nah sekarang tak lawan, aku maen pakai HINT, coba lihat aja....siapa yang menang.....!" Hahahahahaha................dan dia betul.... Gagas sering menang dari komputer!! Wah....dasar anak pinter njawab! Ada-ada saja!!

Gak papa, Le. Dari hal seperti ini kamu nanti akan semakin mencintai kata-kata, lalu kamu akan mencintai membuat kalimat-kalimat yang penting dan berisi. Dan kelak kamu bisa mencintai isi dari setiap bacaan bagus yang kamu baca, untuk menambah pengalamanmu!

Gagas....Gagas.......

Senin, 25 Agustus 2008

Resolusi Warga Puri Permata dalam Perayaan HUT ke-63 RI










RT 26, yang adalah RT kita di Puri Permata Regency ini emang sangat unik, anak-anakku. Meski baru berdiri sebagai bagian dari komunitas desa Pepe, kita udah punya banyak program. Program yang baru saja kita tuntaskan, perayaan 17-an di kampung kita ini, membuahkan semangat baru untuk lebih membangun keharmonisan RT sebagai model RT yang berkualitas dalam banyak elemen. Inilah bagian dari resolusi RT 26 yang dilaunching hari Sabtu, 23 Agustus lalu.




RUKUN TETANGGA (RT) SEBAGAI MINIATUR KECIL DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA

Tetangga memiliki andil yang besar dalam kehidupan seseorang

Setiap keluarga menjadi tetangga yang baik pasti akan merasakan nikmat dan manfaatnya

Mari bersama menggalang solidaritas sosial di lingkup ketetanggaan di Puri Permata Regency ini

Mari kita jaga keharmonisan, solidaritas, kekompakan, dan hubungan silaturahim sesama warga RT

Untuk mencapai model RT yang baik ini niscaya

- memerlukan perencanaan, perancangan, dan pengelolaan yang baik

- menuntut sikap kerendahan hati dalam niatnya, dan mengedepankan kerelaan berkorban serta berbagi dan saling melengkapi sesuai perintah Tuhan.

Apakah Anda ingin RT 26 menjadi model RT yang memperlihatkan terlaksananya kehidupan bertetangga yang harmonis dan penuh solidaritas?

Mari bersama kita mewujudkannya!!

RESOLUSI WARGA RT 26 RW 01 Desa Pepe Kecamatan Sedati Kab. Sidoarjo
PURI PERMATA REGENCY
1. TANAMKAN PADA ANAK CINTA BUDAYA ASLI INDONESIA
2. BANGUN HUBUNGAN YG HARMONIS ANTAR TETANGGA
3. BEKERJA KERAS UNTUK SEJAHTERAKAN KELUARGA
4. PEDULI PADA SESAMA
5. PANTAU DAN DORONG ANAK AGAR RAJIN BELAJAR
6. BANGUN FASLITAS KAMPUNG UNTUK PERMUDAH DAN TINGKATKAN KUALITAS HIDUP SEHARI-HARI
7. GAIRAHKAN HIDUP BERIBADAH DALAM KELUARGA
8. JADIKAN TETANGGA SEBAGAI SAUDARA

PEPE, 23 AGUSTUS 2008






Wah, sampai-sampai Ibu Kepala Desa Pepe Hj, Siti Masruroh sangat senang, bangga, dan ikut mensuportnya. Namun masih ada catatan kecil darinya untuk warga agar segera mengurus KTP yang belum memilikinya. Iya... saran yang bagus. Apabila kita sudah memantapkan diri tinggal di Pepe, maka seyogyanyalah kita memiliki KTP Pepe. Beruntung bapak ibu sudah memilikinya sejak Oktober 2007 lalu.

Ibu Mejeng di Lantai Pelataran Baru




Membangun rumah kita emang butuh biaya banyak. Bapak Ibu harus pontang panting terima job di sana sini agar bisa menambahi beberapa elemen rumah kita yang sebenarnya masih memerlukan banyak perbaikan. Nah, sekarang kita patut bersyukur karena 1 bagian lagi bisa diselesaikan, yakni pembangunan lantai untuk pelataran. Cukup pakai keramik yang sederhana dengan biaya murah, asal udah mampu menutup seluruh bagian paving yang udah berdebu, makin aus digerogoti air asin.


Moga ini bisa menambah keaktifan kalian untuk belajar dan beraktivitas yang produktif dengan adanya lahan yang sedikit lebih luas dari sebelumnya. Yang penting dari membangun rumah ini anakku, kita bertumbuh dalam persekutuan doa keluarga, misbah keluarga yang harus terus bersinar tiap hari, dan permohonan serta penyerahan agar Tuhan atur rumah hadiah dari-Nya ini, agar kita bisa berinterkasi dengan lebih baik lagi. Tempat tinggal kita harus mampu membuat kita jadi lebih kreatif dan produktif menghasilkan karya-karya setiap hari, anakku. Seperti yang baru bapak katakan pada ibu, ayo kita buat waktu kita menjadi lebih berarti dengan menghasilkan banyak karya, bukan hanya untuk tidur dan istirahat. Meski itu juga kita butuhkan.


Plan bapak ibu berikutnya adalah atap rumah untuk menutup pelataran yang masih kosong. Biar hujan tidak cukup menyulitkan kita karna teras terus basah kena imbasan hujan, atau debu makin berkurang, karena saat ini debu makin sering menyerang pelataran kita gara-gara jalan yang rusak akibat pembangunan Jaya Regency. Mari terus kita doakan, anak-anakku, sehingga kalian bisa punya tempat kongkow di pelataran rumah meski saat panas terik maupun hujan turun lebat. Jadilah seperti kehendak Tuhan.

Raras dan Gagas maen di Panggun Gembira 17-an







Hebat......... kalian dapat pengalaman baru lagi sekarang! Raras bukan hanya maen teaterikalisasi puisi bersama Gagas dan teman-teman Puri Permata, tapi juga menarikan s"Wulan Andung-andung". He..he... ini adalah event penting bagi kampung kita, dan event baru yang kelak bertahun-tahun ke depan kalian akan selalu melakukannya saat peringatan dan perayaan HUT RI.

Eit, jangan lupa lho.. ya..... , meski bapak ibu mengizinkan kalian ikut pementasan serupa ini suatu saat, jangang sampai meninggalkan kebiasaan baik kalian dalam belajar dan mempersiapkan pelajaran untuk esok harinya, setiap hari... setiap hari..... tanpa jeda! Ingat lho ya...... jangan karena kebiasaan baru, lalu menghilangkan kebiasaan lama yang udah baik dan terpupuk lama!

Selamat, anak-anakku! Kalian beroleh pengalaman yang tidak saja penting untuk saat ini, tapi juga bakal mempengaruhi kalian kelak di masa depan. Tentang arti: sebuah pertemanan, persahabatan, pengembangan talenta, latihan berkomunikasi, kedisiplinan berlatih, kecakapan membagi waktu untuk kegiatan-kegiatan yang bermakna, ketaatan pada pelatih atau pimpinan, dan kreativitas!

Teruslah berkarya, memerdekakan diri ketidakproduktifan, dari kemalasan, dari kepasifan, dari keengganan, untuk menuju kecakapan memberdayakan diri!
Merdeka!
Merdeka!!

Rabu, 13 Agustus 2008

Met Ultah, Raras!



10 Agustus 1997 Adyaning Raras Anggita Kumara, anak pertama kami lahir. Di RS Baptis Kediri, kami menerima anugerah cantik dari Tuhan. Kami beri nama "Adyaning Raras Anggita Kumara" yang adalah bahasa Kawi atau Jawa kuno, artinya: Anuerah cantik pemberian Tuhan Allah yang penuh Kuasa. Saat masih di kandungan selalu tergelitik pemikiran, "Laki-laki atau perempuan ya....?" Ibunya Raras pasrah saja, lelaki perempuang sama saja. Tapi aku beda, pemikiranku sederhana saja..... kalo anak pertama perempuan...... dia pasti akan bisa ngemong adiknya suatu saat dan bisa bantu-bantu ibunya masak. Nah..... ternyata Tuhan berikan anugerah itu kepada kami. Raras yang telah masuk di usia 11 tahun ini memang telah mampu menemani adiknya, Gagas, dan sangat suka membantu masak.......




Terima kasih, Tuhan. Atas anugerah cantik-Mu kepada kami. Engkau beri kami kepercayaan untuk merawat dan menemaninya bertumbuh dan mengenal panggilan-Mu atasnya. Izinkan kami menjadi orang tua dan sahabat yang baginya, ya Allah.




Raras, kami bangga padamu! Bapak dan Ibu sangat mencintaimu! Bertumbuhlah, anakku! Dan kenalilah mengapa engkau ada di dunia ini. Layanilah Tuhan dengan talentamu. Teruslah belajar untuk lebih cakap dalam segala sesuatu. Jika engkau rajin, Tuhan akan memberkatimu menjadi alat yang Dia pakai untuk buni ini.




Belajarlah tanpa henti! Teruslah banyak membaca!


Bapak Ibu di sampingmu selalu!!




Selamat Ultah, Sayang!

Senin, 04 Agustus 2008

SPIRIT BARU DALAM PERAYAAN 17 AGUSTUS 2008






Mari mempersipakan diri untuk persiapan 17-an di kampung!

student english leadership conference






Lancar dan tuntas sudah SELC di Pacet dan Cipayung.

Capeknya gak sebanding dengan kepuasan melihat antusiasme dan harapan para peserta agar acara serupa diselenggarakan lagi di tahun depan!

Terima kasih Tim, terima kasih Steve, terima kasih Craid, terima kasih Kalsey, terima kasih Asley, terima kasih Fanni, terima kasih Pak Ishak, dan terima kasih temen-temen kantor yang mensuport logistik: Pak Daniel, Rini, Kris, dan Pak Andre.

Kerja yang luar biasa, dari kita orang-orang biasa, untuk hasil yang luar biasa!

Sampai jumpa di tahun depan. Dan semoga Tim bisa membawa mahasiswa Cedarville university lebih banyak lagi untuk menemani Steven, Craig, Kelsey, dan Asley!