Jumat, 30 Januari 2009

Bersama Haryadi, Dulu Murid Sekarang Teman




Pada saat pelaksanaan 5th Anniversary ACSI Indonesia Kamis, 15 Januari 2009 lalu, bapak sempat beraktivitas bersama lagi dengan Haryadi. Kalian masih ingat dengan Haryadi, murid bapak semasa bapak masih mengajar di SMA Kristen Petra 1 dulu? Bapak dulu sering cerita kalo bapak punya murid yang sangat pintar, kreatif, dan penuh semangat dalam melaksanakan program ekstrakurikuler dan OSIS. Lalu bapak sering mengajaknya untuk aktif dalam beberapa kegiatan kreatif di sekolah. Masih ingat? Pernah bapak temani bareng saat latihan teater, bikin mading, lomba debat,dll.
Nah, dia sekarang udah lulus dari London School. Bapak sangat bangga padanya. Dia telah menyelesaikan kuliah dalam kondisi paling berat, karena sempat ditinggal Papanya, menghadap Bapa di Surga. Haryadi sengaja bapak mintai tolong untuk mendokumentasikan kegiatan HUT ACSI di Hotel Menara Peninsula Jakarta. Sekalian reuni setelah beberapa tahun tidak pernah bertemu.
Lihatlah di foto, Haryadi masih nampak nyeni, meski tidak lagi bergelut dalam dunia teater. Sesuai jurusannya di advertising, dia sekarang telah bekerja, mendedikasikan tenaganya untuk meraih cita-citanya. Bapak sangat berterima kasih kepadanya, karena meski sudah tidak lagi dalam komunitas bersama, kami masih bisa bersinergi.
Anak-anakku, beginilah hidup, kalian akan bertemu dengan seseorang yang datang dari masa lalu, dan hadir kembali menemani kita di masa kini, kembali menjadi bagian dari diri kita.
Oleh karena itu, bapak berpesan, bersahabatlah dengan total, bangunlah apa yang bisa kalian lakukan untuk teman-teman atau sahabat-sahabatmu tersebut. Karena buah persahabatan itu akan kekal, jika kita melakukannya dengan tanpa pamrih. Lakukan yang terbaik untuk setiap relasi kalian dengan siapa pun. Yang terbaik! Meski itu tidak selalu menjadi yang baik dan terbaik bagi sahabat kita itu.
Pertemanan bapak dan Haryadi menjadi contoh, meski dulu murid, sekarang tak sulit untuk menumbuhkannya menjadi seorang sahabat. Lebih dari sekadar teman! Melakukan hal sederhana hanya untuk memelihara kasih Tuhan yang sudah mengalir pada setiap kita.

Menemani Dr. James Watson Surabaya - Jakarta




Sepanjang hari Kamis - Sabtu, 22-24 Januari 2009 lalu bapak telah menamani Dr. James Watson, seorang profesor di bidang Reserch dan Biblika dari Colombia University, untuk melakukan perjalanan mengajar kelas CEC ACSI di Jakarta. Sungguh merupakan pengalaman yang sangat berkesan, anak-anakku, karena bapak bisa berkomunikasi banyak hal, menimba pengetahuan dari pakar pendidikan yang tinggal di South Carolina, US ini.
Setelah chek in di Twin Plaza, Slipi, Jakarta, bapak memberi kesempatan Dr. James untuk istirahat di kamarnya. Beliau pernah melakukan transplantasi hati, setelah kena hepatitis gara-gara transfusi darah. Bapak pikir dia mungkin cenderung capek dan atau gampang capek, wuih... ternyata selama kelas CEC berlangsung mulai Jumat sore hingga Sabtu sore, betapa bapak melihat ketahanan tubuhnya yang masih sangat kuat itu ditopang oleh semangant pelayanannya yang luar biasa.
Itulah, anak-anakku, ketika Tuhan mengirim kita untuk mengerjakan pekerjaan Tuhan, meski dalam situasi yang paling tidak mengenakkan sekali pun, Tuhan akan memberkati kita dengan kuasa dan kompetensi yang berasal dari-Nya. Percayalah, Raras Gagas, apa pun yang kau cita-citakan, di dalam Tuhan, mintalah kepada-Nya, dan percayalah, bahwa ketika hal itu baik bagi-Nya, kalian pun akan mendapat kuasa yang sungguh ajaib untuk melakukan pekerjaan besar bagi Tuhan. Belajarlah seperti Dr. James, RasGas, seperti bapak juga belajar kepadanya dan kepada bayak orang, dan selalu menaruh diri bapak sebagai seorang pebelajar bagi Kristus setiap hari, setiap saat, di mana pun berada.
Mari, anak-anakku, kita terus giat belajar!!
Tuhan mencurahkan berkat bagi mereka yang rindu akan pengetahuan dan hikmat dari Tuhan.

Selasa, 27 Januari 2009

Kelar Sudah Program CEC ACSI Angkatan ke-4

Syukur ke hadirat Allah Bapa, Program sertifikasi bagi pendidik Kristen Angkatan ke-4 telah ditunaikan dalam Celebrating 5th Years of God's Grace for ACSI Indonesia, pada 13 Januari 2009 di Surabaya dan 15 Januari 2009 di Jakarta.
Anak-anakku, mereka yang telah menyelesaikan program ini telah bekerja keras dalam 1 tahun terakhir, melewati 8 modul yang sangat melelahkan, dan tes actual teaching clinic serta reflectioanal retreat. Spirit besar mengawali program belajar mereka, spirit besar pula menyertai mereka tatkala mengakhirinya. Panggilan sebagai guru Kristen yang harus mampu memberi berkat dan menjadi berkat bagi lingkungannya adalah keharusan bagi para peserta itu.
Ada tuntuan besar bagi mereka untuk terus menjadi seorang pebelajar dalam Kristus, dan menjadi guru meneladani Kristus, Sang Guru Agung. Pekerjaan mengajar, mendidik, melatih, membimbing, mementor, memotiviasi, dan menginspirasi para murid setiap hari, setiap waktu, melalui media apa pun adalah harapan para peserta, agar kelak paa murid mereka menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi tantangan zaman dan mampu menjadi garam bagi komunitas pergaulan mereka, sehingga kesejahteraan dan sukacita terus mewarnai kehidupan di tahun-tahun mendatang.
Teruslah belajar dengan giat, Raras dan Gagas!
Bersemangatlah memahami pengertian tentang kehidupan yang kaya dengan pelajaran dan permainan menyenangkan ini!
Bapak ibu terus berdoa untuk pertumbuhan kalian akan pengetahuan dan kecintaan akan Kristus yang makin mendalam!