Jumat, 18 Februari 2011

Akting bersama Lukman Sardi dan Masayu Anastasia












Hai, sayang. Dua hari ini, tanggal 14-15 Februari 2011, meski hanya 12 scene, Bapak berkesempatan main akting dengan aktor muda handal Lukman Sardi dan artis cantik Masayu Anastasia. Aduuuuuhhhh...... bapak jadi malu, bapak belum bisa main sebagus mereka. Mereka mainnya bagus banget, sangat alami, wajar, dengan ekspresi vokal seperti keseharian. Sedangkan bapak yang sebelumnya sempat melatih seni peran dalam Workshop Seni Peran di Trenggalek, masih cenderung terbiasa menggunakan suara perut, suara bapak berat, dan dalam. Dan itu ternyata tak begitu diperlukan di film.

Syukurlah, Sayang. bapak bisa belajar banyak dari mereka. Tentang bagaimana harus berdisiplin dalam menjaga stamina keaktoran, bermain cantik dan alami, bermain tanpa beban. Vokal yang cenderung pelan dan dengan nada tak rendah, tak tinggi. Cukupan. Gerak yang tak begitu banyak. Cenderung minimalis gerak. Tapi bermain dengan penghayatan yang keluar lewat tatap mata dan sedikit gerak kinesik/busines dan gesture yang tidak berlebihan.

Pengalaman 2 hari shooting dengan penggarapan film yang sangat profesional, membuat bapak seperti bermimpi. Dalam 3 bulan terakhir bapak dan teman-teman bapak di Teater Ideot sangat intens mendampingi banyak kelompok dalam belajar proses kreatif seni peran yang berlangsung sehari, dan sehari kemudian untuk pengambilan gambar. Menghasilkan 5-6 film pendek. Dampaknya memang luar biasa, karena setiap peserta merasa tereksplorasi kecakapannya, kepercayaan dirinya. Dan pengalaman baru ini makin meneguhkan bapak untuk lebih giat dalam mempelajari seni peran dan implementasinya dalam film.

Bersyukur untuk setiap rencana Tuhan buat kita. Apapun yang kita lakukan seyogyanya kita lakukan dengan totalitas. Allah akan sediakan hikmat dan kuasa yang kita butuhkan. Selamat bermimpi dan meraihnya, Sayang. Ayo bersama bapak dan ibu, kalian dapat mengeksplorasi kesukaanmu. Untuk Gagas, selamat belajar bermain gitar. Untuk Raras, selamat belajar bermain keybord. Kalian pasti bisa, asal sungguh-sungguh berlatih keras. GBU seperti selalu.

1 komentar:

~ jessie ~ mengatakan...

Tayangnya kapan, Bang Adhi?? Huebaaattt tenan heeee.... saya pasti nonton kalau udh tau tanggalnya! ;)