Selasa, 17 Juni 2008

Teruslah Membaca dan Bermain, Anakku!

Ibu: Gas, ayo baca bukumu! Besok ulangan IPA kan?
Gagas: Aku lagi membaca ini lho, Buk!
Ibu: Lho, kamu baca buku apa? Belajar apa?
Gagas: Aku sedang baca Kho Ping Hoo ini lho!
(aku yakin Ibu pasti tidak melotot, karena ia tahu bapak lah yang menjarinya anaknya ini mulai suka membaca Kho Ping Hoo (KPH).
Ibu: Lho............
Dengan sengaja Ibu mulai membaca buku pelajaran Gagas dengan suara agak keras.
Ibu: Matahari dan bulan adalah benda langit....... Matahari......
Gagas: (dengan cepat menyahut) Ibuk, ini lho, jangan keras-keras membacanya, aku tergangu ini lho!!
(hehehe.......... aku yakin, ibu tetap tidak melotot, dan malah tambah gemes melihat anak lelakinya tetep membaca sambil berbaring di tempat tidur)

Gas, Gas .............. kamu emang sering kali bikin kami tersenyum geli. Syukurlah kamu suka membaca. Terus dan tetaplah membaca, Le. Asal kamu tahu kapan harus membaca dan kapan istirahat. Kadang bapak merasa haru ketika melihat bermain dengan Ricko dan Chisa, kamu menolak melanjutkan permainan dengan alasan: "aku mau baca dulu ya!".
Syukur kamu juga mulai suka menabung, Gas. hehehe.... bapak tahu kamu termotivasi menabung karena Mbak Raras, telah memulainya dulu. Wah, uangmu hasil menyisihkan uang saku dalam 3 minggu ini udah mencapai 25 ribu...... Wuih...... baguslah.......
Kamu mau mengejar jumlah tabungannya Mbak Raras ya......? Ya.....Mbak Raras kan udah dari setengah tahun lalu menabung, udah 250 ribu. Dan 3 minggu lalu Ibu sempat meminjam 100 ribu untuk tambahan uang belanja. hehehehe...... bagi keluarga kita itu semua adalah jumlah yang besar, anak-anakku! Dan menguntungkan ibu bapakmu tatkala tidak punya uang. hehehehe..... Truslah giat menabung! Bapak bangga terhadap kalian!!
Teruslah bermain dan teruslah membaca anak-anakku, dari sana kalian akan tahu bahwa dunia yang diberikan Tuhan buat kita ini sungguh-sungguh menakjubkan!
Raras, ibu udah mengembalikan uangmu belum?

Terima kasih, anak-anakku. Kalian adalah harta dan anugerah besar dari Tuhan untuk bapak ibu!
Terima kasih, Gusti, Kau perkenankan kami merawat dan menemaninya bermain-main dan belajar pengetahuan-MU!


0 komentar: