Jumat, 26 September 2008

Wah Ramainya! Seru Banget!






Beberapa hari rumah kita kedatangan tamu. Siapa? Ya, siapa lagi kalo bukan rombongan anak-anak Puri. Wah, gara-gara bapak tidak memberi materi OUTBOND pada pekan lalu karena bapak dinas luar kota, akhirnya mereka hampir tiap hari main outbond di rumah kita. Ya, gak pa pa . . . Raras-Gagas, kalian harus bisa menjadi ruan rumah yang baik. Sekaligus juga belajar melayani mereka dengan baik tapi disiplin. Apa maksudnya?

Jika mereka datang ingin main, ya bolehlah kalian keluarkan atau siapkan mainan-mainan yang diperlukan, ajak mereka bertanggung jawab. Mengambil di tempatnya, dan selesai main kembalikan lagi di tempat semula. Jika ada teman yang tidak puasa, kalian tawari minum atau makan kue yang Mbah Yanti udah sediakan.

Wah...main apa aja kalian sepanjang pekan ini, bapak perhatikan makin hari rombongan yang main semakin banyak. Bapak jadi ingat semua mainan yang kalian punya ini bapak beli sejak kamu masih kecil. Ada yang sekarang baru bisa kalian manfaatkan, ada pula yang udah kusam karena terlalu sering digunakan. Gak terasa ya, jumlah mainan kalian banyak banget.

Bapak jadi ingat, setiap beli mainan itu, bapak selalu pertimbangkan, manfaat apa saja yang bisa kalian ambil jika bermain-main dengan alat-alat itu. Ada yang bermanfaat untuk melatih keterampilan matematis, verbal, kinestetik, visual, dll.

Oke, selamat bermain! Jangan lupa disiplin mengembalikan ke tempat semula. Dan belajarlah berkomunikasi dengan cara yang santun kepada setiap teman. Hargai perbedaan pendapat. Jangan memaksakan pendapatmu lho ya.... terutama Gagas! Bapak lihat kamu sering kali masih cukup kenceng untuk mempertahankan pendapat. Boleh sekali waktu teguh dengan pendirianmu, tapi sekali waktu ya kamu harus belajar mengalah. Mbak Raras, terima kasih sudah jaga adik dan bantu memantau aktivitas teman-teman selama bermain di rumah kita. Jagalah jangan sampai ada yang bertengkar, kalo ada perselisihan, belajarlah menjadi penengah!

Ini adalah pembelajaran di kelas outdoor yang mengasyikkan! Nikmatilah!

Hehehe..... rumah kita rupanya jadi MARKAS BESAR ANAK-ANAK PURI PERMATA! Hehehe.......... selamat bersenang-senang! Belajarlah dengan bermain dan bermainlah sambil belajar!

0 komentar: